Tuesday, June 3, 2014

SGPC Bu Wiryo : Saat kangen pecel di Jogja

Siapa yang bilang kalau pecel enak hanya ada di Madiun sana? Ternyata di Jogja juga ada warung pecel yang enak dan bikin ketagihan rasanya. SGPC Bu Wiryo, tempat makan pecel paling legendaris di kota yang terkenal dengan gudegnya. Bukan maksud saya melupakan ibu-ibu penjual pecel disepanjang Jalan Malioboro setiap pagi. Bukan juga maksud saya tidak menghitung keberadaan pecel sedap di Pasar Bringhardjo sana. Tapi tempat yang terkenal dengan nama SGPC Bu Wiryo ini bisa jadi wajib kunjung kalau anda kebetulan mampir ke Jogja.

SGPC Bu Wiryo ini pasti sudah sangat terkenal di kalangan mahasiswa UGM. Konon Bu Wiryo sudah mulai berjualan sejak tahun 1959. Dengan letak yang tidak jauh dari kampus, berada di depan Fakultas Peternakan UGM dan harganya yang bersahabat dengan kantong mahasiswa, warung makan Bu Wiryo ini jadi tempat favorit untuk menyantap makan siang atau makan malam bersama. Bukan hanya mahasiswa, pernah sekali waktu saya berkunjung dan melihat beberapa dosen tamu dari luar negeri asik makan nasi pecel ditemani lagu-lagu dari pemusik lokal yang rutin main disana.

Sugeng Rawuh
Jangan kaget kalau susah mencari parkir ketika jam makan siang, lokasinya yang berada di jalan satu arah di daerah selokan mataram membuat kita harus rela berjalan agak jauh menuju tempat makan. Kecuali anda naik motor lain lagi ceritanya.

Menu utama tentu saja sesuai namanya SGPC alias sego pecel. Nasi pecel dengan lauk lengkap yang bisa anda pilih sesuai dengan selera, ada tempe goreng, tahu goreng, perkedel kentang, sate telur puyuh, sate usus, dan telur mata sapi sebagai pelengkap. Bumbu pecelnya istimewa menurut saya, tidak lengket dan kental seperti pada umumnya, lebih tepat disebut dengan kuah kacang, anda masih bisa merasakan butir kacang di setiap sendoknya. Untuk anda yang datang dengan anak-anak yang tidak tahan pedas jangan khawatir disini kita juga bisa memesan nasi sup yang rasanya juga enak dan segar. Atau kalau anda sedang bosan makan sego pecel, nasi sup tadi bisa juga jadi pilihan.

Monggo didahar 
Plain good :)
Seperti tempat makan di lingkungan mahasiswa pada umumnya, warung makan Bu Wiryo mengutamakan asas kepercayaan. Anda tinggal mengambil dan memesan apa yang anda suka, pilih tempat duduk, nikmati makan siang anda dan baru membayar pada akhirnya. Sepiring sego pecel dihargai Rp. 9000 dan sepiring nasi sup Rp. 12.000 (November 2013). Kalau anda kebetulan datang pas pada saat makan siang atau makan malam anda akan ditemani pemusik lokal yang memainkan musik tak kalah cantiknya. Dan kalau anda mau anda bisa meninggalkan sedikit uang seikhlasnya. Makan dan musik. Kombinasi sempurna.


Silahkan berkunjung kalau kebetulan ke Jogja. Sego pecel ini wajib anda coba.

SGPC Bu Wiryo
JL. Argo CT VIII, Klebengan
Daerah Selokan Mataram Yogyakarta
Daily : 7.30 -20.30 WIB

8 comments:

  1. Replies
    1. Hallo mba yuni, salam kenal :)
      Terima kasih sudah mampir yaa..
      Iya harganya murah, bersih dan enak :)

      Delete
  2. duh jadi pengen bisa makan nasi pecel lagi..hiks hiks... slm knal mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaaa :) terima kasih sudah mampir disini ya..

      Delete
  3. Halo Mak, salam kenal. Sepertinya ini pertamakali saya main ke blog ini. Kelihatannya SGPC nya mantap mak :) ini daerah selokan mataram sebelah mananya Gudeg Mbarek ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga :) terima kasih sudah mampir yaaa..
      Maafkan diriku yg bukan orang Jogja tapi tergila2 sama Jogja. Parahnya lagi belum pernah mampir di gudeg mbarek :) jadi ga tau dimana posisinya :p

      Delete
  4. hahhahaa mbak 8 tahun aku dijogja blm pernah makan disana... sungguh terrrrrlalu yaa kwkkwkwkwkw besok aaaahhh aku seneng banget pecel soalnya

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mba Icha, terima kasih sudah mampir yaa..
    Selamat makan pecel kalo gitu :)

    ReplyDelete