Thursday, May 22, 2014

Pekalongan : Garang Asem H. Masduki

Kalau kebetulan anda lewat kota Pekalongan saat menuju Jogja jalan darat, atau kalau anda memang sengaja ke Pekalongan demi beberapa helai kain batik cantik. Maka anda wajib makan siang di tempat ini.

Seperti hari itu, ditengah perjalanan menuju Jogja saya sudah membuat janji mampir di toko batik langganan di daerah Kauman sana. Kauman sendiri seperti pada umumnya kota-kota penghasil batik merupakan daerah sentra batik di Pekalongan. Letak daerah ini berada tepat di tengah kota, tidak jauh dari alun-alun kota.

Pagi itu sekitar jam 10.30 saya sampai di Pekalongan. Dengan perut lapar karena tidak sarapan benar tadi pagi. Yup, who had a decent breakfast when you're in a road trip? So this is gonna be my decent one. Langsung menuju pusat kota si alun-alun tadi, tempat semangkuk garang asem favorit tersaji. Garang asem atau adapula yang menyebutnya asem-asem daging. Sejenis sup daging sapi dengan rasa segar dengan cabe rawit berkuah aga kehitaman. Sedap. Satu warung makan legendaris menyajikan jenis sup ini, adalah warung makan H. Masduki. Terus terang belum pernah saya menemukan warung makan lain yang khusus menyajikan makanan ini. Sementara menu-menu lain yang tersaji hanya jadi pelengkap saja.

Selamat datang

Konon rumah makan ini berdiri sejak tahun 1959. Masih berada di tempat yang sama, di sela-sela kios-kios biro travel perjalanan di daerah alun-alun Pekalongan. Sekarang warung makan ini dikelola oleh anak-anak H. Masduki. Masih menyajikan menu yang sama sejak berdirinya.

Jangan sampai tersesat
Coba saja pesan nasi megono (sejenis lauk dari nangka muda) ditambah dengan tomat tumis sebagai side dish-nya. Kombinasi lengkap dan lezat dengan garang asem tadi. Kalau masih mampu makan lebih banyak, coba tempe goreng tepung yang tersaji tepat diatas meja. Yum!

Monggo didahar :)

Sepiring garang asem untuk makan pagi atau siang

Soal harga, tenang saja tidak akan membuat mata terbelalak. Seporsi nasi garang asem lengkap dengan telur semur dihargai Rp. 18.500 saja. Kalau anda hanya memesan nasi garang asem saja, dihargai lebih murah lagi Rp. 15.000 bisa membuat perut anda kenyang dan hati bahagia. Menu lain yang tersedia di warung makan ini yaitu cumi hitam yang dimasak lengkap dengan tintanya, telur semur, rendang, oseng tahu, dan yang lainnya, maaf saya lupa. Yang pasti semuanya menggoda untuk dicoba. Untuk minumnya es teh manis sudah cukup seperti biasa. Kalau suatu saat anda berkunjung ke Pekalongan atau hanya sekedar lewat, selamat mencoba!

2 comments:

  1. Termasuk daerah saya (Purwodadi) menyebutnya asem-asem. Wah, uenak tenan koyo'e... :)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mas :) terima kasih sudah mampir.
    Iyaaa, ini uenak tenan! Bikin kangen untuk kesana lagi.

    ReplyDelete