Thursday, May 8, 2014

Tiong Bahru Bakery

Hari ini Singapore hujan datang dan berhenti. Berhari-hari saya membolak balik halaman di internet mengenai best artisanal bakery in Singapore. Dan rasanya saya ingin mendatangi salah satu toko roti itu hari ini. Bukan besok hari. Membaca review, melihat-lihat foto, melihat peta, akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi Tiong Bahru Bakery. Dan hujanpun turun lagi. Hmmmft.

Tiong Bahru bakery dibuka di salah satu daerah tua di Singapore (Eng Hoon Street) berkolaborasi dengan artisan baker Gontran Cherrier. Sebenarnya bakery ini juga membuka cabang di Raffles City mall, tapi saya tidak dalam mood mengunjungi mall seperti biasa, hanya ingin mengunjungi toko roti sesuai aslinya.

Beautiful old corner shop
Welcoming door

Sesampainya disana, wangi roti yang dibakar sudah bisa dicium dari jarak 50 meter. Di deretan toko-toko tua, toko roti ini bisa cepat dikenali dari bentuk dan wanginya. Masuk ke dalam toko tercium wangi kopi lengkap dengan mesin kopi berwarna perak mengkilat. Lengkap sudah. 

Anyone?
Over counter bread
Dengan tag the best croissant in town, saya tergoda untuk membeli empat buah croissant (S $2.9), half loaf sourdough bread (S $4.5) dan half loaf cranberry almond bread (S $5) untuk dibawa pulang. Sayangnya saya tidak membeli pastry-pastry lain yang sangat menggoda. Menyimpan janji untuk kembali kesini esok-esok hari, untuk membeli sepotong roti lengkap dengan teh atau kopi.

Siapa yang tidak tergoda?
Beauty (all about S $9.5)
Setelah jalan yang panjang untuk membawa pulang roti-roti tadi. Tidak ada yang lebih nikmat dari menyeduh secangkir teh dan menyalakan oven untuk menghangatkan croissant yang saya beli. What else do you need beside a cup of your favorite tea and a warm nice bread (or croissant) on your plate?

Perfectly layered
Croissant ini, mungkin memang croissant yang paling enak di kota ini. Atau mungkin yang pernah saya makan. Maklum saya belum pernah makan croissant di Eropa tempat asalnya. Layer-nya tidak terlalu tipis, malah cenderung aga lebih tebal dari biasanya. Rasanya tidak terlalu buttery, but taste moist perfectly. Yum!

And the breads is awesome :)
Apa kabar roti-roti yang saya beli. Enak. Apalagi saya yang rindu dengan sourdough bread yang rasanya tidak terlalu asam. Terbayang semangkuk sup panas di depan meja, yang sayangnya tidak ada. Cranberry almond bread yang saya beli, teksturnya lebih padat dari si sourdough tadi. Kombinasi sempurna dari buah dan kacang. Sekali lagi, roti ini enak.

Kalau suatu saat sempat mampir ke toko roti ini jangan lupa untuk mencicipi almond croissant dan kouign amann yang katanya juga signature dari toko roti ini. Kalau soal harga, sepertinya mereka memang menghargai cukup mahal setiap roti yang pastry yang ada dibanding toko roti lainnya. Tapi untuk sebuah roti istimewa, rasanya itu sah saja.

Tiong Bahru Bakery
56 Eng Hoon Street
#01-70 Singapore 160056
Daily : 8am-8pm (closed on Tue)

No comments:

Post a Comment